Apa Penyebab Gagalnya Perjalanan ke Luar Negeri akibat Kondisi Paspor yang Lecek atau Rusak?

Viral News Avatar

Media sosial ramai dengan video Cut Melisa, seorang selebgram asal Aceh, yang mengalami kegagalan dalam perjalanannya ke Thailand.

Melisa tidak diizinkan untuk terbang karena paspornya mengalami kerusakan saat diperiksa di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

Melisa juga sempat meminta pertolongan kepada petugas protokol bandara. Namun, ia tetap tidak diizinkan untuk menaiki pesawat.

Cut Melisa mengungkapkan di media sosialnya, “Bayangkan, saya sudah dua jam, dari jam 1 siang sampai 3 sore, terus-menerus meminta bantuan agar bisa terbang tapi tetap diberitahu bahwa tidak bisa.”

Lalu sebenarnya bagaimana kondisi paspor yang masuk ke dalam kategori lecek atau rusak sesuai dengan peraturan?

Ciri-ciri Paspor Rusak

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014, paspor yang mengalami kerusakan tidak boleh digunakan untuk melakukan perjalanan.

Oleh karena itu, pemilik paspor tidak akan diizinkan untuk melakukan proses check-in dan penerbangan.

Menurut informasi yang disampaikan melalui akun resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, terdapat tanda-tanda khusus pada paspor yang dianggap rusak dan tidak dapat digunakan untuk melakukan penerbangan.

Berikut ciri-ciri paspor rusak:

Sobek atau tergunting
Berlubang
Dicoret atau tercoret
Basah
Terlipat
Terbakar

Jika paspor mengalami salah satu kondisi tersebut, disarankan bagi pemiliknya untuk segera mengurus penggantian paspor di kantor imigrasi terdekat.

Viral News Avatar