Banyak artis yang menjalani transplantasi rambut dan ini adalah Ustaz Yusuf Mansour

Viral News Avatar

Berel Brahmasta yang baru-baru ini mengatakan bahwa ia mengubah penampilannya melalui transplantasi rambut.Berel, saudara perempuannya Ahara dan ayahnya Ivan Fadila menjalani transplantasi rambut di Turki.Ibu Berel merasa garis rambutnya berkurang karena penggunaan gel, wax, dan bahkan hairspray.

Ivan Fadilla pun merasa garis rambutnya semakin menipis karena faktor usia.
“Menurutku usia adalah faktor penting.Pria kehilangan rambutnya lebih cepat.Makanya garis rambut akan naik,” kata Ivan Fadila.
Selain Berel dan Ivan Fadila, banyak artis lain yang juga memutuskan mempercantik penampilannya dengan transplantasi rambut.
Kevin Aprilio, Anang Hermanshah, Atta Haririntal, Kiki Farrell, dan Rafi Ahmad merupakan artis yang pernah menjalani transplantasi rambut.
Lalu apa hukum transplantasi rambut dalam Islam?

Ustaz Yusuf Mansour menjelaskan bahwa transplantasi rambut diperbolehkan seperti transplantasi organ lainnya.
“Transplantasi hati dapat diterima, transplantasi ginjal dapat diterima, organ tubuh lainnya dapat diterima, transplantasi dari orang lain juga dapat diterima, terutama transplantasi dari organ tubuh sendiri, sel-sel milik sendiri dapat diterima boleh,” jelas Ustaz Yusuf Mansour dalam laporan pemeriksaan, Minggu (26 Mei).

Menurut Ustaz Yusuf Mansour, transplantasi diperbolehkan jika tujuannya untuk menunjang penelitian.
“Selain rasa nyaman dan percaya diri, kita juga tidak boleh menanam atau membawa barang apa pun yang sebenarnya bukan darurat tapi termasuk haram,” ujarnya.

“Apalagi mencari penghidupan sebenarnya bisa jadi aliran sesat jika mengganggu penghidupan,” tutupnya.

Viral News Avatar