Apa itu Maqoli? Ucapan Mbah Ghufron dikritik Ustaz Abdul Somad Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan foto Abuya Ghufron Al Bantani alias Mbah Ghufron di media sosial.

Viral News Avatar

Pria bernama asli Iyus Sugiman ini konon telah menulis 500 buku dalam bahasa Suryani.Dalam sebuah video klip, Mbah Ghufron bercerita ada yang mengganggunya untuk membuktikan 500 kitab Syria yang ditulisnya.
Namun, ia enggan memperkenalkan 500 buku tersebut kepada masyarakat.

Ketika Mbah Ghufron menolak menunjukkan 500 buku Syria yang ditulisnya, dia mengucapkan kata-kata Arab yang tidak dia mengerti.Kebanyakan kata-katanya berbunyi “Maqoli”.Dalam video pendek di kanal YouTube FML Channel, seorang pria bereaksi terhadap video viral Mbah Ghufron yang menolak membuktikan 500 buku yang ditulisnya.

Menurut pria ini, keengganan Mbah Ghufron menunjukkan kepada publik 500 buku yang telah ditulisnya tidak sesuai dengan klaimnya sebagai penulis buku-buku tersebut.

“Dengarlah Pak Ghufron, jika Anda belum siap menerbitkan 500 buku Syria Anda karena alasan ini, lalu mengapa Anda maju ke tahap mengklaim telah menulis 500 buku?Malah dia bandingkan dengan Syekh Nawawi, ngapain sih?
“, kata laki-laki tak dikenal itu.

Lebih lanjut, laki-laki ini juga mengatakan banyak orang yang mengatakan Mbah Ghufron adalah orang suci.Namun, pria itu justru menganggap Mbah Ghufron pembohong Dalam video tersebut, pria tersebut menantang keyakinan orang yang menganggap Mbah Ghufron sebagai walinya “Sebenarnya yang saya tantang adalah kepercayaan keyakinan orang yang menganggap Anda sebagai wali.Saya sudah mengomentari Ghufron selama setahun.Apakah kamu kurang kuat?” ucapnya.

Pria itu berharap bisa membuat masyarakat yang masih menganggap Mbah Ghufron mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki orang normal.Reaksi UAS terhadap “Maqoli” berkomentar ” Di akun Instagram Ustaz Abdul Somad (UAS) membagikan unggahan video menanggapi pernyataan Mbah Ghufron yang viral Dalam unggahan video di akun Instagram UAS, @ustadzabdulsomad_official, UAS menampilkan empat gambar yang di dalamnya mereka mencari kata

“Maqoli” yang diucapkan Mbah Ghufron.Dalam keterangan unggahannya, UAS menulis bahwa kata “Maqoli” tidak ditemukan dalam buku tersebut.Selain itu, UAS menulis bahwa kata yang paling dekat dengan “Maqoli” adalah Makgeolli, minuman beralkohol asal Korea yang mengandung sisa beras.”Karena penasaran, di buku tidak ketemu.

Coba cari di Internet: maqoli, macoli, ternyata yang agak mirip itu arak beras makgeolli,” tulis UAS dikutip di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official Enam (6/7).Bahasa Suryani dan Alkitab Alkitab merupakan kitab ketiga yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Isa AS.

Kitab yang menjadi pedoman hidup umat Kristiani ini aslinya ditulis dalam bahasa Syria dan berisi perintah untuk menaati Allah SWT, membenarkan keberadaan Taurat, menghilangkan beberapa hukum Taurat yang tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan berita kedatangan Rasulullah.Dalam perjalanan dakwahnya, Nabi Isa AS selalu memperingatkan umatnya untuk menaati hukum yang ditetapkan Allah SWT dan tidak puas dengan dunia.

Bahasa Syria adalah bahasa Syria yang dahulu digunakan di Bulan Sabit Subur dan Arabia bagian timur.
Meskipun bahasa Siria bukan merupakan bahasa Arab dengan dialek Siria, namun bahasa Siria juga mempengaruhi bahasa Arab.Bahasa Siria saat ini digunakan oleh minoritas Kristen Suriah yang tinggal di Türkiye timur, Irak utara, dan Suriah timur laut.

Viral News Avatar